Minggu, 31 Maret 2013

Profil Pemenang AGF-BC CEC Wave III: Komunitas Pelangi Nusantara


Selama beberapa tahun, Ibu Noor telah membuat hasil karya dari bahan bekas yang didapat dari pabrik tekstil. Saat bermaksud memperbesar usahanya, Ibu Noor menemukan kesempatan besar. Melalui lokakarya kepada masyarakat, Ibu Noor menemukan bahwa banyak perempuan di desa yang memiliki kemampuan berkarya, tapi tertahan oleh ekspektasi dan nilai-nilai tradisional.
Hal ini diperkuat dengan kurangnya pendapatan di masyarakat, yang mendorong gadis-gadis untuk menikah di usia muda. Tanpa kepercayaan diri dan kesempatan, kebanyakan perempuan terbiasa untuk tinggal di rumah sepanjang hari.
Pembelajaran ini menghasilkan terbentuknya Pelangi Nusantara, yang bertujuan tidak hanya mengembangkan bisnis Ibu Noor, tapi juga memberdayakan perempuan di masyarakat. Sebanyak 150 perempuan kini menghasilkan Rp 150,000 tiap minggunya, dan bisa menghasilkan total pendapatan sebanyak Rp 10,000,000 per bulan.

Keberhasilan ini juga mengubah persepsi dan ekspektasi terhadap perempuan. Mulai ada kesadaran di antara para perempuan, bahwa walaupun tidak memiliki latar pendidikan, perempuan masih bisa memiliki kesempatan berkarya. Para ibu pun semakin terdorong untuk memastikan anak-anak dapat melanjutkan sekolah, agar kesempatan bisa terus bertambah.

Koperasi ini juga berkolaborasi dengan universitas di Malang untuk mengajarkan para perempuan mengenai manajemen, teknologi dan pemasaran. Telah ada perencanaan untuk mengembangkan program bagi wisatawan. Melalui Pelangi Nusantara, komunitas telah dapat berkembang dengan sumber daya yang luar biasa: para perempuan.

Sumber: http://news.britishcouncil.or.id/2013/03/komunitas-pelangi-nusantara/

1 komentar:

  1. wah sungguh menarik sekali ya pembahasan peluang usahanya! sukses terus ya! btw aku ada informasi menarik nih! bank dbs ngadain acara Social Enterprise Bootcamp 2018 acara ini tuh tentang Bootcamp/workshop untuk para co-founder social enterprise atau para pebisnis yang memang ingin membangun social impact terhadap lingkungan sekitarnya. menarik kan? untuk informasi lebih lanjutnya langsung aja kunjungi link berikut ini https://www.facebook.com/media/set/?set=a.1860760413970853.1073741867.536384329741808&type=3

    BalasHapus